BONUS DEMOGRAFI

Bonus demografi diambil dari 2 kosa kata yaitu bonus dan demografi arti dari masing masing kata adalah sebagai berikut.
Kependudukan atau demografi adalah ilmu yang mempelajari tentang kependudukan. Demografi meliputi ukuran, struktur, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan. Sedangkan bonus adalah keuntungan lebih yang di dapat dari suatu kegiatan.
Jadi Bonus Demografi dapat diartikan keuntungan yang didapat suatu negara karena banyaknya penduduk produktif (rentang usia 15-64 tahun).
Sebenarnya yang dikatakan bonus demografi adalah keuntungan dari banyaknya usia produktif, penduduk usia tidak produktif juga menggantungkan diri pada penduduk usia produktif jadi makin banyak penduduk usia non produktif maka bisa bertambah berat beban penduduk usia non produktif, jadi semakin banyak penduduk usia produktif semakin mudah membiayai penduduk yang bergantung pada usia produktif
Jika bonus demografi telah berhasil dilakukan,pastinya penduduk usia produktif semakin banyak tetapi jika para penduduk usia produktif tidak bekerja atau menganggur sama saja seperti menambah beban para penduduk usia produktif yang bekerja,dan malahan mereka menambah angka ketergantungan.
Para penduduk usia produktif yang tidak bekerja sama halnya seperti penduduk usia non-produktif, mereka hanya bergantung kepada penduduk usia produktif yang bekerja.
Salah satu penyebab banyaknya penduduk usia produktif menganggur adalah kurangnya lowongan kerja dan bisa juga disebabkan penduduk yang malas malasan,tetapi yang banyak terjadi adalah tidak adanya lowongan kerja yang memadai yang bisa menampung banyaknya penduduk usia produktif yang sangat banyak.
Sebenarnya indonesia sudah bisa dikatakan negara yang telah mendapatkan bonus demografi tetapi karna banyaknya pengangguran di indonesia menyebabkan indonesia bukan menjadi negara yang kaya tetapi negara yang miskin, selain dari kurangnya lowongan kerja para koruptor juga berperan untuk membuat negara kita menjadi miskin dan hutang menumpuk dimana mana.

Program pemerintah yaitu KB sangat bagus karena program KB menyuruh kita untuk memiliki 2 anak saja sudah cukup, itu dilakukan untuk memperkecil penduduk di indonesia, mengapa 2 anak saja sudah cukup karna jika itu memang berjalan pastinya penduduk di indonesia akan stabil, karena jika kedua orang tua mereka telah meninggal otomatis merekalah yang akan meneruskannya, jadi program KB bertujuan untuk menstabilkan banyaknya manusia yang lahir dan manusia yang meninggal.
Program KB saja sebenarnya tidak cukup karena pada jaman sekarang anak remaja sudah mengenal yang namanya pergaulan bebas yang otomatis bisa menambah banyaknya penduduk, yang menyedihkannya mereka sendiri belum bisa membiayai hidup mereka sendiri malah menambah penduduk yang seharusnya bisa mereka biayai,sangat disayangkan pergaulan bebas juga sudah sangat banyak terjadi dan meningkat setiap tahunnya.
Bonus demografi bisa berdampak positif dan negatif
Dampak positif yang ditimbulkan bisa berupa kurangnya angka kemiskinan,dan para penduduk usia produktif bisa dibiayai dan itu juga kalau bonus demografi berjalan dengan baik jika banyak pengangguran sama saja itu malah menjadi dampak negatif,jadi dampak positif nya dapat terjadi jika bonus demografi di jalankan dengan baik.
Dampak negatifnya terjadi pada waktu yang akan datang karena banyaknya para penduduk usia produktif berubah menjadi penduduk usia non-produktif dan penduduk usia produktifnya menjadi tidak sebanding dengan usia non-produktifnya,dan jika para penduduk usia produktif tidak bekerja juga menjadi dampak negatif dan penyebabnya adalah kurangnya lowongan kerja yang ada, hingga melonjaknya penduduk usia produktif yang menganggur.

Comments

Popular posts from this blog

Penyalahgunaan Internet

Sejarah Sidik Jari (Finger Print)

HUBUNGAN BONUS DEMOGRAFI DENGAN KETENAGAKERJAAN